Proses PAW Harus Dijalankan Sesuai Regulasi Disampaikan Dalam Rakornis PAW

PASURUAN- Komisi Pemilihan umum (KPU) Pamekasan menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) terkait Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD hasil Pemilu 2019 di Pasuruan selama dua hari (8-9 Desember. Rakornis tersebut dilaksanakan oleh KPU Provinsi dan diikuti oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Menurut ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Chairul anam dalam sambutannya, proses PAW sangat penting difahami oleh seluruh penyelenggara karena menyangkut dan melibatkan babyak orang. Terutama peserta Pemilu.

Pihaknya menghimbau agar proses PAW dijalankan sesuai regulasi yang berlaku dan dilaksabakan secepat mungkin dengan tetap mengacu pada prinsip keadilan sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2017 daan PKPU nomor 6 tahun 2019.

“Gerak cepat dan akurat dari penyelenggara dalam hal PAW juga akan menunjukkan kredibelitas kita (KPU) di hadapan Partai Politik,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Chairul Anam juga memaparkan secara singkat aplikasi Sistem Informasi Pergantian Antarwaktu (SIPAW),l. Aplikasi tersebut merupakan sarana informasi secara online berkaitan dengan rujukan PAW sesuai perolehan suara masing-masing DCT. Sehingga, memudahkan penyelenggara dan masyarakat untuk mengetahui proses PAW.

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili KPU Pamekasan, Ketua KPU Mohammad Halili, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Moh Amiruddin, dan Operator SIPAW KPU Pamekasan, Yuda ST. (amr)