KPU Pamekasan Jajaki Kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk Penguatan Pendidikan Politik

PAMEKASAN- Sebagai upaya untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat, khususnya para Pemilih Pemula, KPU Pamekasan adakan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah di lingkungan Kabupaten Pamekasan. Selain dengan Kemenag Kabupaten Pamekasan, KPU Pamekasan juga jajaki kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan.

Hari Senin (27/01/2020), Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Pamekasan mengunjungi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan di ruangannya dan diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Bapak Tayyib, M.Si.

Saat menyambut rombongan KPU Pamekasan, ia sangat gembira atas inisiatif KPU Pamekasan ini, karena merupakan salah satu terobosan penting dalam memberikan pendidikan politik dan upaya mengenalkan nilai-nilai Demokrasi kepada siswa-siswi, baik SMA/SMK dan SMPN/SMPS. Tapi, untuk tingkat SMA dan SMK ia menyarankan agar KPU Pamekasan langsung menindaklanjuti ke Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Pamekasan, yang kantornya berada di Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan, Kantor Pemerintah Distrik di Pamekasan, Jawa Timur.

Sebab, untuk satuan pendidikan tingkat SMA dan SMK, pengelolaannya sudah menjadi wilayah kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang pengurusannya dilakukan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Pamekasan.

Ketua KPU Pamekasan saat ditemui usai pertemuan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan menyatakan bahwa "kerjasama ini dilakukan dalam rangka untuk mengenalkan Demokrasi dan Kepemiluan pada siswa-siswi, baik untuk tingkat SMP dan SMA." Oleh karena itu, setelah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, "KPU Pamekasan rencananya akan langsung berkunjung ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Pamekasan." Ungkap mantan Panwascam Pakong ini. (FthoR)