Antisipasi Daftar Pemilih Fiktif Sejak Awal, KPU Lakukan Pantarlih Berkelanjutan

PAMEKASAN- Untuk mengantisipasi daftar pemilih fiktif dan amburadul, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, berkomitmen akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih ( Pantarlih) secara berkelanjutan. Bahkan, untuk memastikan validasi data tersebut, pemutakhiran akan dilakukan setiap bulan meski masih jauh dari tahapan Pemilu.

Hal itu disampaikan secara tegas oleh Komisuoner KPU Pamekasan, Divisi Perencanaan dan Data, Ibnun Hasan Mahfud. Menurutnya, jika selama ini daftar pemilih sering menjadi persoalan saat memasuki tahapan Pemilihan, maka pihaknya akan melakukan antisipasi sejak dini, yakni dengan melakukan pemutakhiran jauh sebelum memasuki tahapan. Biasanya, pemutakhiran daftar pemilih hanya dilakukan saat-saat menjelang tahapan pemilihan.

“Pemutakhiran daftar pemilih seharusnya memang dilakukan setiap bulan meskipun tahapan Pemilihan dan Pemilu masih jauh, karena perkembangan pertumbuhan penduduk, baik yang sudah meninggal, pindah domisili maupun warga yang baru cukup umur terjadi setiap hari,” paparnya.

Menurutnya, dengan dilakukan Pantarlih secara berkelanjutan, maka potensi daftar pemilih amburadul saat pemutakhiran saat- saat menjelang memasuki tahapan pemilihan nanti bisa diminimalisir. “ tentu saja kami akan melakukan pemutakhiran ini bersama Dispendukcapil, Baqaalu dan sejumlah stake holder lainnya,” pungkas alumnus Universitas Muhammadiyah Malang ini. (amr)