Pembukaan Kotak untuk Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Pada hari ini, Selasa 9 Juli 2019, KPU Kabupaten Pamekasan mengadakan kegiatan pembukaaan kotak untuk melakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB). 
Kegiatan ini dilakukan di Gudang Logistik KPU Pamekasan dengan disaksikan langsung oleh Bawaslu dan Kepolisian berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 942/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2019 tentang
Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB).
 Ibnun Hasan Mahfud, selaku Komisioner KPU Pamekasan yg menangani Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan bahwa "kegiatan pembukaan kotak untuk PDPB ini, selain digunakan untuk bahan penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilu yg akan datang atau Pemilihan Kepala Daerah, baik Pilgub dan Pilbup/Pilwali Kota, pada pemilihan selanjutnya, juga sebagai bahan Rakor KPU Kab/Kota se Jawa Timur yg akan diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Kantor KPU Mujokerto hari Rabu dan Kamis, tanggal 10 - 11 Juli 2019". 
"Tentu saja kegiatan PDPB ini dilaksanakan berdasarkan pada Daftar Pemilih Khusus (DPK) yg bersumber dari Formulir Model A.DPK-KPU yg berada dalam kotak." Imbuh komisioner KPU Pamekasan alumnus UMM Malang ini.
 Fathor Rachman, komisioner KPU Pamekasan lainnya yg juga ikut mendampingi kegiatan PDPB ini menambahkan bahwa "dari Formulir Model A.DPK-KPU itulah akan ketahuan DPK nya yang untuk selanjutnya diinput ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih)."
 Tentu, proses dari kegiatan ini dituangkan dalam Berita Acara dan dilaporkan hasilnya kepada KPU Provinsi Jawa Timur. Sementara KPU Pamekasan harus melakukan penginputan DPK dalam Sidalih menggunakan kode 71 dengan sumber data DPK tersebut. (FR)