Pekan Budaya di Pendopo Budaya

PAMEKASAN- Dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) NU ke-97, Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (LESBUMI) PCNU Pamekasan adakan kegiatan Pekan Budaya yang diisi dengan beberapa kegiatan dan event kompetisi antar mahasiswa dan pelajar se Madura.

Kegiatannya di antaranya adalah lomba baca puisi karya Budayawan Nasional, D. Zawawi Imron, yang dikenal sebagai penyair celurit emas, pagelaran seni musik dan malam puncak yang diisi dengan orasi budaya yang disampaikan langsung oleh sang penyair nasional tersebut.

Malam puncak orasi budaya tersebut dilaksanakan pada hari Ahad (15/03/2020) pukul 19.00 WIB dan ditempatkan di Kantor Wakil Bupati Pamekasan yang dikenal sebagai Pendopo Buaya.

Untuk memeriahkan orasi budaya tersebut, ketua Lesbumi PCNU Pamekasan, RPA. Wazirul Jihad, mengundang beberapa tokoh dan pejabat penting di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, di antaranya Ketua DPRD Pamekasan, Bupati Pamekasan yang diwakili oleh Wakil Bupati, Beberapa anggota DPRD Pamekasan, Komisioner KPU Pamekasan, Ketua PCNU Pamekasan dan beberapa Ulama' dan tokoh agama di Kabupaten Pamekasan.

Undangan terhadap KPU Pamekasan diwakili oleh salah satu Komisioner KPU Pamekasan, Fathor Rachman, yang diakhir acara diminta untuk memberikan tropi dan piagam penghargaan kepada para pemenang kompetisi atau lomba baca pusisi.

Pada sambutannya, Ketua Lesbumi PCNU Pamekasan menyatakan bahwa "kegiatan pekan budaya ini disamping dalam rangka memeriahkan Harlah NU ke-97, juga sebagai bentuk pelestarian khazanah budaya Madura yang cukup kaya dengan berbagai macam kesenian tradisional. Oleh karena itu, acara ini mendatangkan langsung salah satu Budayawan Nasional asli Madura, D. Zawawi Imron, supaya generasi muda Madura mampu mengikuti jejaknya sebagai budayawan Madura yang diakui dunia internasional." Paparnya.

Fathor Rachman, komisioner KPU Pamekasan yang mengikuti acara tersebut sampai tuntas, mengaku senang dengan undangan ini, karena di dalamnya ada beberapa penampilan live musik Daul RMC dan Iril Akuistik, yang nanti bisa kita undang juga dalam kegiatan-kegiatan KPU Pamekasan di masa yang akan datang. Terutama saat kegiatan sosialisasi dan sebagainya. Ungkap komisioner divisi sosialisasi, parmas dan SDM ini. (FthoR)