Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU se-Jatim Laksanakan Rakor via VIDCOM

PAMEKASAN- Meskipun dalam situasi darurat akibat Wabah Covid-19, KPU se-Jawa Timur, khususnya Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM tetap melaksanakan Rapat Kordinasi (Rakor), tetapi melalui Video Conference (Vidcon).

Hari ini, Senin (30/03/2020) dari Pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB. Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Basgoro, mengkordinir langsung Rakor via Vidcon ini pada semua Ketua/Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas KPU Kabupaten/Kota se-Jatim.

Adapun agenda yang harus dilaporkan dalam Rakor kali ini adalah terkait dengan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih, lauching Pemilihan 2020 dan masalah Pemantau, Survei/Jajak Pendapat dan sistem hitung cepat, bagi 19 KPU Kab./Kota yang sedang menyelenggarakan Pemilihan 2020 atau Pilkada.

Selain itu ditambah lagi laporan terkait mekanisme kerja KPU Kab./Kota dalam menyikapi wabah Covid-19, termasuk di dalamnya tentang pemberlakuan status masing-masing Kabupaten/Kota, update sebaran corona dan data keluarga besar KPU Kabupaten/Kota masing-masing apakah ada yang sudah berstatus ODR, ODP, PDP serta positif Corona, bagi KPU Kab./Kota yang menyelenggarakan Pilkada atau tidak.

Selain laporan via Vidcom, masing-masing Kab./Kota juga harus membuat laporan secara tertulis untuk dilakukan rekapitulasi laporan di tingkat Jawa Timur.

Menurut Kordinator Divisi Parmas dan SDM KPU Kab. Pamekasan, Fathor Rachman, menyatakan bahwa "Rakor via Vidcom ini selain dalam rangka melaporkan mekanisme kerja di KPU Kabupaten Pamekasan, sebenarnya juga dalam rangka monitoring dari KPU Jatim, bahwa masing-masing KPU Kab./Kota tetap bekerja sesuai instruksi dan mekanisme yang ada, termasuk juga untuk kepentingan pemantauan apakah anggota KPU Kab./Kota dalam keadaan baik-baik saja atau sedang dalam masalah terkait covid-19 ini. Paparnya secara panjang lebar. (FthoR)