KPU Juga Ikut Update Perkembangan Covid-19 di Masing-Masing Kabupaten/Kota

KPU Juga Ikut Update Perkembangan Covid-19 di Masing-Masing Kabupaten/Kota

PAMEKASAN- Selain memberikan berbagai macam edukasi dalam bentuk sosialisasi di media sosial dan ajakan menggunakan masker kepada masyarakat, KPU Provinsi Jawa Timur juga aktif mengupdate perkembangan penyebaran Covid-19 di KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Termasuk KPU Kabupaten Pamekasan.

Hal ini dilakukan karena KPU merupakan salah satu lembaga negara yang juga punya tanggung jawab sosial kepada masyarakat untuk membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran covid-19 ini, utamanya di lingkungan kerja dan keluarga besar KPU Kabupaten/Kota sendiri.

Permasalahan itulah yang menjadi tema dan diskusi teman-teman komisioner KPU se-Jawa Timur melalui Vidcom pada hari Selasa, 14 April 2020 kemarin. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota diminta untuk memberikan laporan update perkembangan covid-19 di Kabupaten atau Kota masing-masing, update status kabupaten/kota, mekanisme kerja KPU selama masa pandemik covid-19, aktivitas KPU Kabupaten/Kota dalam upaya menanggulangi pencegahan covid-19 ini, baik yang berbentuk kegiatan internal, maupun eksternal. Termasuk juga laporan mengenai kesehatan dan keselamatan keluarga besar KPU Kabupaten/kota masing-masing se Jawa Timur.

KPU Kabupaten Pamekasan sendiri melaporkan tentang update perkembangan covid-19 di Kabupaten Pamekasan per tanggal 12 April 2020 dengan jumlah ODR 4.394 orang, ODP 158 orang, PDP 2 orang, Positif Corona 3 orang, meninggal 1 orang, Sembuh 0 orang. Dan alhamdulilah keluarga besar KPU Kabupaten Pamekasan sendiri tidak ada satupun yang masuk dalam semua kategori di atas. Namun demikian, sejak dikeluarkannya SE Bupati Pamekasan terkait status darurat, maka mekanisme kerja KPU sejak tanggal 30 Maret 2020 memberlakukan sistem WFH (Work from Home) untuk mengantisipasi penularan covid-19 ini di lingkungan KPU Pamekasan.

Sementara kegiatan KPU Pamekasan sendiri untuk ikut mencegah dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran covid-19 adalah melakukan pembelian sabun cuci tangan, hand sanitizer, masker, berjemur bersama dan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan internal KPU Pamekasan. Sementara kegiatan eksternalnya berupa membagikan masker kepada keluarga KPU Pamekasan, membuat Alat Peraga Sosialisasi (APS) di berbagai media sosial, utamanya di facebook dan istagram yang isinya berupa himbauan hidup sehat dan ajakan untuk ikut mencegah penyebaran covid-19. (FthoR)