KPU Pamekasan Kerjasama dengan Kades untuk Pelaksanaan PDPB

PAMEKASAN- Sebagai salah satu upaya untuk melakukan perbaikan data terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), KPU Pamekasan pada hari Senin (06/07) mengadakan Rapat Pleno Rutin Minggu I bulan Juli pukul 10.00 WIB yang bertempat di Ruangan Ketua KPU Kabupaten Pamekasan.

Rapat Pleno Rutin ini membahas khusus terkait dengan PDPB yang harus selalu diperbaiki setiap bulan dan dilaporkan hasilnya setiap 3 bulan. Rapat kali ini dihadiri lengkap semua komisioner, sekretaris KPU Pamekasan dan Staf bagian Data dan Informasi.

Terkait PDPB itu, dalam rapat tersebut disepakati bahwa KPU Pamekasan akan menggandeng dan bekerjasama dengan semua pihak untuk melakukan PDPB. Salah satunya dengan Kepala Desa, setelah sebelumnya KPU Pamekasan juga sudah melayangkan surat ke semua Ketua Parpol dan pihak terkait seperti lembaga pendidikan tingkat SMA/MA/SMK untuk memberikan masukan tentang upaya perbaikan PDPB yang akan dilakukan oleh KPU Pamekasan.

Tentu saja, kerjasama dengan Kepala Desa ini dianggap efektif karena hanya di Sekretariat Desa lah data terkait dengan warga yg meninggal dan pemilih potensial dapat dengan mudah didapatkan. Meskipun tentu perlu diverifikasi juga secara cermat dan detail.

Oleh karena itu, mengawali kerjasama ini KPU Pamekasan mulai melakukan silaturahim dan koordinasi awal dengan Kepala Desa Palengaan Laok, lalu akan dilanjutkan dengan Kepala Desa yang lain sesuai jadwal kunjungan dan akan disepakati lebih lanjut.

Terkait kerjasama ini, Ibnun Hasan Mahfud, selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pamekasan mengatakan bahwa "ini salah satu upaya kita untuk terus melakukan perbaikan PDPB supaya setiap bulan ada perbaikan data yang lebih valid, karena kerjasama dengan Dispendukcapil belum bisa dilakukan." Paparnya.

Selain dengan kepala desa, tentu KPU Pamekasan akan mencari stakeholder atau pihak terkait lainnya yang bisa memberikan data terkait PDPB ini. Tetapi hasilnya yang benar-benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan. (FthoR)