Awasi Pelaksanaan SPIP, Komisioner KPU Rapat Pleno Bersama Sekretaris dan Kasubbag Hukum

PAMEKASAN- Memasuki Minggu II bulan Juli, Komisioner KPU Pamekasan mengadakan Rapat Pleno Mingguan II bersama Plt. Sekretaris dan Kasubbag Hukum KPU Pamekasan, Bapak Akhmad Erfan Kusmanto dan Mahyuni.

Rapat pleno yang dihadiri oleh semua komisioner KPU Pamekasan dilaksanakan pada hari Senin (13/07) Pukul 11.30 WIB bertempat di Ruangan Komisioner KPU Pamekasan. Rapat pleno kali ini secara khusus membahas terkait pelaksanaan dan pelaporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Satker KPU Pamekasan. Selain membahas agenda penting lainnya yang mendesak untuk ditentukan kebijakan atau keputusannya.

Pada rapat pleno mingguan II ini disepakati bahwa Komisioner KPU Pamekasan bersama Sekretaris dan Kasubbag Hukum, akan rutin mengadakan agenda rapat terkait pembahasan dan pelaporan SPIP setiap tanggal 5 pada tiap bulan untuk diadakan cheking dan monitoring sebelum dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, terkait tindak lanjut Surat KPU RI Nomor 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 perihal Rapat Pleno tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB), KPU Pamekasan menetapkan akan melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan setiap bulannya secara terbuka.

Ditemui usai rapat, Mohammad Mansyur, selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Pamekasan mengatakan bahwa "Sejak sekarang SPIP Satker KPU Pamekasan ini berada di bawah Divisi Hukum dan Pengawasan. Oleh karena itu, ke depan kita akan rutin mengadakan rapat pengawasan SPIP ini setiap bulan supaya pelaporannya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang ada." Paparnya.

Pada konteks itu, Komisioner KPU Pamekasan berhak tahu dan akan terlibat langsung untuk melakukan monitoring atau pengawasan, ungkapnya lebih lanjut. (FthoR)