Jelang Rapat Pleno Terbuka tentang PDPB, KPU Pamekasan Adakan Rapat Persiapan

PAMEKASAN- Sesuai dengan surat edaran KPU RI bahwa setiap KPU Kabupaten/Kota diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) setiap bulan dan hasilnya dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI. Sedangkan penetapan PDPB tersebut, harus dilakukan melalui mekanisme rapat pleno terbuka yang melibatkan Bawaslu, pimpinan partai politik, Kejaksaan, Kepolisian, Kodim dan lihat terkait lainnya seperti Dispendukcapil.

Oleh karena itu, jelang Rapat Pleno Terbuka terkait PDPB tersebut, KPU Pamekasan mengadakan rapat intern pada hari Senin (03/08/20) untuk mempersiapkan teknis pelaksanaan dan mekanisme penetapannya. Termasuk peserta yang akan diundang.

Rapat Pleno Terbuka kali ini terkait PDPB periode bulan Juli 2020, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu (05/08/2020) yang bertempat di ruang pertemuan KPU Kabupaten Pamekasan.

Terkait dengan hasil rapat intern tersebut, Komisioner KPU Pamekasan, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Ibnun Hasan Mahfud mengatakan bahwa "KPU Pamekasan telah menyebarkan undangan kepada pihak terkait sesuai yang ada di edaran KPU RI, termasuk juga telah menyiapkan data terbaru terkait PDPB hasil perbaikan pada bulan Juli 2020, sehingga pada rapat pleno terbuka nanti, kita tinggal menyampaikan dan menetapkan hasilnya serta meminta tanggapan atau masukan dari peserta rapat supaya PDPB ke depan lebih baik lagi" paparnya.

Melalui mekanisme rapat pleno terbuka terkait PDPB yang dilakukan secara berkala seperti ini, insya Allah persoalan DPT pada penyelenggaraan Pemilu atau pemilihan yang akan datang lebih baik dan tidak selalu menjadi sorotan masyarakat lagi. (FthoR)