Pemilu 2019 Sukses Mengundang Perhatian Dunia Internasional

MANADO,Sulawesi Utara - Konsolidasi Regional 2 yang diselenggarakan oleh KPU RI dilaksanakan di Manado Sulawesi selama 3 hari, 12 - 14 September 2019. Acara ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi nasional Partisipasi Masyarakat (Parmas) pada Pemilu 2019 dan Peningkatan Parmas pada Pemilu 2020.

Ketua KPU RI, Bapak Arief Budiman, dalam sambutannya mengatakan bahwa "Pemilu 2019 yang telah sukses dilaksanakan oleh KPU mendapatkan apresiasi yang luar biasa di dunia internasional. Banyak Negara lain yang ingin belajar kepada Negara Indonesia, sehingga saya sering menjadi pembicara dalam forum-forum internasional untuk menjelaskan bagaimana Pemilu 2019 itu dilaksanakan".

Bayangkan saja, Pemilu 2019 itu adalah Pemilu serentak pertama yang diselenggarakan oleh KPU. Teknis penyelenggarannya cukup rumit karena ada 5 surat suara yang harus dicoblos, tetapi partisipasi masyarakatnya sangat tinggi. Ini tidak lepas dari kerja keras semua penyelengaraa Pemilu, baik KPU, Bawaslu dan DKPP. Meskipun ada beberapa bagian yg perlu diperbaiki. Imbuhnya.

Oleh karena itu ke depan, Pemilu di Indonesia harus lebih baik lagi. Kuncinya ada 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan, yaitu transparansi, informasinya harus selalu update setiap hari dan speed (kecepatan) dalam setiap tahapan harus diperhatikan. Tiga hal ini yang harus diperhatikan dan ditingkatkan lebih baik lagi, sehingga Pemilu kita ke depan, bukan hanya sukses menjadi perhatian internasional, tetapi akan menjadi Pemilu terbaik di Dunia. Pesannya. (FthR)