Strategi Menangkal Hoaks, Open Mind dan Senam Sehat ala KPU Jatim

BONDOWOSO- ada yang tersisa dan sangat menarik dalam acara Bimtek Strategi Sosialisasi dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Bondowoso (31 Oktober - 2 November) kemarin, yaitu tentang Strategi menangkal hoax dalam Pilkada dan Pemilu melalui meme dan kartun, upaya membuka gerbang pikiran untuk peningkatan kapasitas diri serta pentingnya menjaga kesehatan bagi penyelenggara pemilu di setiap kabupaten/kota.

Tidak tanggung-tanggung nara sumber yang didatangkan oleh KPU Jatim, yaitu Mas Wahyu Kokkang, kartunis Jawa Pos untuk menyampaikan materi strategi menangkal hoaks melalui meme dan kartun, dan Bapak Djoko Supriyanto, owner Wipi Pruductions sekaligus therapis dan motivator untuk menyampaikan materi open mind untuk meningkatkan kapasitas diri. Mereka berdua menyampaikan materi sangat luar biasa yang sangat bermanfaat untuk melakukan pendidikan politik bagi masyarakat. Dalam penyampaian materinya, Wahyu Kokkang menyatakan bahwa "di era digital seperti sekarang berita bohong (hoaks) yang memang sengaja diproduksi sangat mudah disebar dan itu kadang tidak mudah dibendung, sehingga perlu strategi-strategi lain untuk menangkalnya seperti melalui meme dan kartun". Sebab penangkatan dengan cara-cara yang normatif, kadang sudah tidak mempan dibendung. Tambahnya.

Sama halnya dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Pak Djoko tentang pentingnya membuka pikiran masyarakat melalui pemberitaan dan penyampaian informasi yang rasional dan mampu membangun persepsi yang positif terhadap masyarakat.

Selain materi di atas, ada materi lainnya yang diberikan, yaitu pentingnya membangun dinamika kelompok untuk membangun kekompakan semua komisioner dalam menyelenggarakan pilkada dan pemilihan.

Selain itu, kesehatan fisik sebagai penyelenggara juga perlu dijaga melalui senam sehat dan olah raga rutin yang perlu ditradisikan oleh setiap KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, seperti yang sering diadakan oleh KPU Jawa Timur dalam setiap Rapat Koordinasi, Rapat Konsolidasi, Rapat Pimpinan dan lain-lain, selalu diselipkan acara senam sehat. Begitu komentarnya Komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro. (FthR)